Sunday, January 1, 2017

Cublak-cublak Suweng

Masih ingat permainan saat kita masih kecil dan biasanya dilakukan pas terang bulan ?
Beberapa anak ikut bermain, satu anak duduk telungkup seperti posisi sujud dan memejamkan matanya sementara anak2  lainnya duduk mengitarinya lalu tangan anak tsb dalam posisi menengadah menunggu giliran sebuah batu kerikil yg nanti akan jatuh dalam salah satu genggaman tangan seorang anak. Sambil menggilir batu tsb anak2 menyanyikan lagu ini.

_Cublak-cublak suweng,_🎵
_suwenge teng gelenter,_ 🎵
_mambu ketundhung gudel,_🎵
_pak empo lera-lere,_ 🎵
_sopo ngguyu ndhelikake,_🎵
_Sir-sir pong dele kopong,_🎵
_Sir-sir pong dele kopong,_🎵
_sir-sir pong dele kopong._🎵

*MAKNA TEMBANG CUBLAK-CUBLAK SUWENG*

Lagu karya *Sunan Giri*
Berikut ini Makna lagu dolanan Cublak-Cublak Suweng yg menakjubkan :

_*“Cublak-cublak suweng”*_
Artinya tempat Suweng.
Suweng adalah anting perhiasan wanita.
Cublak-cublak suweng, artinya ada tempat harta berharga adalah di hati, yaitu Suweng (Suwung, Sepi, Sejatine ono) Sing ono ning ati Mung Allah.

_*“Suwenge teng gelenter”*_
Artinya suweng berserakan.
Harta Sejati itu berupa kebahagiaan sejati Dan kebahagiaan itu sudah ada berserakan di sekitar manusia dan udah ada pada Diri manusia.
berupa rasa syukur, nrimo ing pandum, RIDHO ING TAQDIR.
_*“Mambu ketundhung gudel”*_
Mambu (baunya) Ketundhung (dituju) Gudel (anak Kerbau).
Maknanya, banyak orang berusaha mencari kebahagiaan sejati itu. Bahkan orang2  bodoh (diibaratkan Gudel) mencari harta itu dg penuh nafsu, ego, korupsi dan keserakahan, tujuannya untuk menemukan kebahagiaan sejati.tapi yg ia dapat hanya caci maki

_*“Pak empo lera-lere”*_
Pak empo (bapak ompong) Lera-lere (menengok kanan kiri).
Orang2 bodoh itu mirip orang tua ompong yg kebingungan. Meskipun hartanya melimpah, ternyata itu harta palsu, bukan Harta Sejati atau kebahagiaan sejati. Mereka gunakan harta untuk memuaskan hawa nafsu (diperbudak nafsu syetan) yg mencelakakan dia di dunia dan akherat.

_*“Sopo ngguyu ndhelikake”*_
Sopo ngguyu (siapa tertawa) Ndhelikake (dia yang menyembunyikan).
Menggambarkan bahwa barang siapa bijaksana, dialah yg menemukan Tempat Kebahagiaan Sejati atau harta sejati.
Dia adalah orang yg selalu tersenyum dlm menghadapi setiap keadaan hidup, sekalipun berada di tengah2 kehidupan yg sulit dan menjepit.Karena selalu ingat scenario Allah dibalik semua kejadian.

_*“Sir-sir pong dele kopong”*_
Sir (hati nurani) pong dele kopong (kedelai kosong tanpa isi).
Artinya di dalam hati nurani yang kosong.
Maknanya bahwa untuk sampai kepada Tempat Harta Sejati (Cublak Suweng) atau kebahagiaan sejati, orang harus melepaskan diri dari kecintaan harta benda duniawi yg berlebihan mengosongkan diri keinginan selain memperoleh Ridlo Allah, tersenyum sumeleh, rendah hati, tidak merendahkan orang lain, serta senantiasa memakai rasa dan mengasah tajam hati nuraninya Dengan mengingat Allah dlm segala kejadian.

Secara garis besar makna filosofi dari lagu dan permainan ini bisa ditafsirkan sbb:

_Untuk mencari kebahagian (harta)  janganlah menuruti keinginan hawa nafsu, serakah, tamak dan gelap mata;  tetapi hendaknya selalu merujuk ke hati nurani yang bersih dat I keinginan nafsu. Dengan hati nurani akan lebih mudah menemukannya, tidak tersesat, dan kebahagiaan itu akan melimpah serta membawa berkah bagi si pemilik dan orang banyak._

** monģgo direnungi lan di pahami biar bisa menggapai kebahagiaan sejati yaitu senantiasa bersama Allah sejak didunia ini hingga di akhirat.
Selamat beraktifitas..❤❤💪💪💪💪

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...