Sunday, February 28, 2016

Resolusi, Revolusi, dan Resonansi


RESOLUSI
Saat kita berada di pergantian tahun, semua ingin punya perubahan dalam kehidupannya, apa sih yang bakalan dikejar tahun ini. Materi. Keilmuan. Karier/pekerjaan. Berkeluarga. Etc. Banyak target yang mungkin meleset di tahun sebelumnya, kemudian kembali dicantumkan pada tahun ini. Eit, sebenarnya bener-bener ditulis gak ya? Ada yang mungkin punya resolusi tapi hanya sekelebat-sekelebat gitu, jadinya gak ditulis, semacam nempel terus di pikiran. Tahun ini gue harus nikah. Tahun ini gue musti dapet kerjaan. Dst-dst. Gitu contohnya. Nah, kalo Areev sih--sejauh ini--gak pernah nulis, jadi ngalir aja..Gitu. Adakalanya di tengah jalan semua rencana kan bisa berubah. Jadi ya enjoy aja, meski terkadang pengin sih bikin daftar 100 harapan yang bakal Areev wujudkan tahun ini. Tapi ya itu tadi, moody tidaknya kembali ke kita. 

REVOLUSI
Perubahan besar. Bahasa gampangnya gitu. Mindset berubah. Habit berubah. Ini yang susah. Hehehe. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi. Seorang perokok berat misalnya, akan sangat susah untuk move on dari tiada hari tanpa rokok menjadi hidup tanpa rokok. Kayak hampa banget gitu kali ya. Sebagai ilustrasi, Kita sering mendapati diri kita berada pada kubangan, yang kemudian kita mengutuki diri sendiri karena gak segera bangkit, sementara teman-teman yang sudah sampai di lokasi udah dandan necis ganti baju. Ohh kasian banget sih baru nyampe? /noh, gak mau kan?

RESONANSI
Menurut situs ajaib kbbi.web.id yang menjadi rujukan saya buat ngajar bahasa Indonesia, resonansi berarti peristiwa turut bergetarnya suatu benda karena pengaruh getaran gelombang elektromagnetik luar. Ini adalah istilah Fisika (udah tau ya?--ya udah--:p) Dalam hidup, kita butuh setrum untuk membuat kita senantiasa berenergi, yang saya maksud adalah kita harus mau berada di dalam ruang-ruang penghasil setrum itu. Setrum kebaikan. Setrum spiritual. Setrum inspirasi. Inilah yang akan membuat kita serasa beresonansi dengan alam, beresonansi dengan cipta, rasa, dan karya orang lain. Istilah yang cukup familiar, resonansi akan membuat hidup kita lebih hidup.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...